One-Stop Academic Service School of Communication and Business Telkom University

Menjadi research and entrepreneurial faculty pada tahun 2023, yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu komunikasi dan bisnis berbasis teknologi informasi merupakan visi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Visi tersebut tidak akan tercapai jika semua unit yang ada di Fakultas Komunikasi dan Bisnis tidak saling mendukung, oleh karena itu dari sisi pelayanan akademik pun harus mendukung.

Hal ini tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Sebab, seringkali layanan diberikan sekadar memenuhi secara minimal saja.  Sementara seiring dengan berjalannya waktu dan keadaan, pelayanan senantiasa berkembang dan meningkat.

Upaya untuk menjaga kualitas layanan Akademik di Fakultas Komunikasi dan Bisnis saat ini menerapkan One-Stop Academic Service yang mana keperluan customer  dapat dilayani melalui layanan satu pintu. Tidak hanya itu, layanan One-Stop Academic Service ini selain menekan pada efektifitas dan efesiensi kerja juga menjadikan mahasiswa memperoleh titik kenyamanan dan kepuasan terhadap pelayanan yang disediakan.

Pelayanan One-Stop Academic Service di Fakultas Komunikasi dan Bisnis saat ini telah didukung oleh sistem Imiss-U (Integrated Academic Information System) untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam hal akademik. Selain itu sistem imiss-U (Integrated Academic Information System) ini sudah bisa digunakan untuk keperluan akademik. Mahasiswa bisa melakukannya dimana saja tidak perlu datang ke Layanan Akademik Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

Pada sistem Imiss-U (Integrated Academic Information System) mahasiswa sudah bisa menggunakan layanan :

  1. Pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa
  2. Pembuatan Surat Pengantar Magang
  3. Pembuatan Surat Pengantar Penelitian Skripsi
  4. Pembuatan Surat Pengantar Tugas Kuliah
  5. Pendaftaran Ujian Khusus
  6. Pendaftaran Magang
  7. Pendaftaran Pembimbing
  8. Pendaftaran Desk Evaluation/Proposal Skripsi
  9. Pendaftaran Sidang Skripsi
  10. Pendaftaran Sidang Akademik
  11. Review dan input nilai Desk Evaluation/Proposal Skripsi (untuk dosen)
  12. Pengumpulan Revisi DE Evaluation/Proposal Skripsi
  13. Sidang Skripsi secara Online
  14. Penginputan nilai sidang Skripsi secara online (untuk dosen)
  15. Pengumpulan Revisi Sidang
  16. Pengumpulan Penerimaan Magang
  17. Pengumpulan Laporan Magang

Hal ini tentunya harus terus dikembangkan sejalan dengan waktu serta keadaan. Selain sistem Imiss-U (Integrated Academic Information System) kami menyediakan juga layanan untuk contact center (web, Instagram, youtube, WA, Tlp) yang bisa dimanfaatkan untuk informasi dan keluhan mahasiswa.

Mari kita jadikan Pelayanan One-Stop Academic Service ini sebagai titik revolusi pelayanan kepada mahasiswa di Telkom University khususnya di Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

 

Penulis : Tatang Hartadi, S.Sy., Review : Citra Kusuma Dewi, SE., MAB., Ph.D

Share this post