Pengabdian Masyarakat Telkom University Dalam Mendukung Keberlangsungan UMKM di Tengah Badai Pandemi

Tim pengabdian Masyarakat program studi Administrasi Bisnis (Prodi Adbis) Telkom University yang terdiri dari Farah Oktafani,M.M. dan Trisha Gilang, MSM., telah melaksanakan salah satu kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat (Abdimas). Abdimas yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2021 ini berkonsentrasi pada UMKM sebagai komitmen Universitas Telkom, khususnya prodi Adbis untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan daya saing UMKM.

Mitra UMKM yang bekerja sama kali ini adalah JoFan Design (JF), merupakan salah satu pelaku usaha UMKM yang ada di Bandung dan bergerak di bidang fashion. Uniqueness produk JF adalah setiap design produknya menggunakan kombinasi kain batik, kain bermotif garis lurus atau polka dot dan warnanya hanya hitam putih sebagai signature-nya. Kelebihan dari produk JF yakni barang tidak akan sama dengan produk kompetitor karena 1 model hanya dibuat 1pc saja (Taylor Made), sebagiannya hand made, terdapat unsur kolase dan melayani design customize.

Pengabdian Masyarakat kali ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya dimana kali ini tim Abdimas memberikan pembelajaran mengenai “Promotion Mix” dan merancang katalog produk. Abdimas ini sangat dibutuhkan oleh mitra karena setelah pandemi melanda mitra telah menutup menutup toko offline nya, oleh sebab itu kegiatan penjualan beralih pada ranah online, padahal mitra belum merasa siap.

Pembelajaran mengenai “Promotion Mix” diberikan sebagai bekal untuk bisa membuat strategi promosi yang efektif dan katalog merupakan sebuah aset untuk memudahkan mitra dalam “membujuk” calon konsumen untuk melakukan pembelian juga sebagai alat promosi yang cukup efektif.

 

Art direction pada foto produk berfokus pada overall cut dan zoom in pada tekstur agar calon pelanggan dapat ‘merasakan’ tekstur secara tidak langsung pada saat melihat e-catalogue. latar belakang dan cahaya foto produk dibuat datar agar calon pelanggan dapat fokus dengan wajah produk tanpa merubah terlalu banyak kaslian tekstur dan warna produk.

Art direction pada tampilan e-catalogue berfokus pada Awareness (foto) produk jujur dalam menghadirkan sebagai mana aslinya. Menggunakan 90% warna monokrom dan 10% warna primer cerah sebagai Point of Focus sesuai ektraksi warna foto produk. Bidang bentuk pada grafisnya akan berupa bentuk bentuk tegas yang disisipi garis kurva seminimal mungkin. outline dan bingkai pada grafis dihindari agar dapat menonjolkan foto produk. teks disajikan sangat minim, berfokus pada hal utama seperti judul artikel dan sub tanpa deskripsi detail. deskripsi detail dibuat terpisah dan diberikan secara on demand oleh UMKM setelah Interest dan Desire calon pelanggan terbangun.

Kedepannya, Tim Abdimas Prodi Adbis Telkom University berharap bisa secara kontinyu memberikan solusi nyata bagi masalah yang terjadi pada UMKM melalui kegiatan Abdimas agar UMKM bisa bertumbuh dan turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tim pengabdian Masyarakat program studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom

Farah Oktafani,M.M. dan Trisha Gilang, MSM

 

Share this post